Wednesday, December 7, 2011

False Alarm

Halo, semua apa kabar? Semoga baik-baik saja seperti yang gue rasakan sekarang, lega. Long time ago, sekitar bulan September, gue mencoba untuk melakukan transaksi via online, atau bahasa gaulnya adalah e-commerce. Gue berencana untuk upgrade komputer lawas menjadi sedikit lebih bagus. Mengganti processor dari pentium 4 ke dual core. Maklum, budget mahasiswa, baru mampu beli dual core itu pun yang secon. Bersyukur banget kesampaian juga beli dual core, hehe.


Awalnya dari forum FJB Kaskus, well everyone knows Kaskus is the largest comunity forum in Indonesia. Gue mampir ke lapak berbagai macam orang, cari satu-satu sampe nemuin harga dan seri dari processor yang pas di hati. Finally, got it! Akhirnya tertuju pada processor dual core E5300. This isn't my first transaction although. Sebelumnya juga gue pernah beli handphone Sony Erricsson P1i dari forum kaskus. Seller yang berbeda tentunya. Beruntungnya selama dua kali transaksi itu gue kedaptan seller yang baik dan bertanggung jawab. Thanks, Pak Yongki dan Pak Syarif!

Sekarang komputer gue alhamdulilah masih kuat buka dua window game (Yulgang). Meski CPU Ussage 100% but it's worthed lah lumayan buat nyari duit. Hingga pada suatu hari, gue mendengar suara 'tuut' tiga kali dari arah komputer. Suaranya terdengar seperti terjadi error pada saat kita memulai booting komputer. Oh, NO! What's wrong with my computer??

Gue segera melakukan pemeriksaan kecil, cabut semua kabel dan menunggu respon apakah ketika komputer mati suara aneh itu masih terdengar. 'Tut tut tut' suara kecil itu masih terdengar. Gue panik, OMG hantu apa yang bisa membunyikan suara pada komputer yang mati? Hiks, gue mencoba menghubungi orang yang saya percaya.

"Komputerku error! Ada suara tut tiga kali meski pun komputer sudah dimatiin!" 

"Impossible"

Kemudian gue mencoba untuk memeriksa sekitar komputer. Mencabut semua kabel, mencopot semua komponen seperti ram, vga, bahkan baterai pada bios. Sayangnya, suara itu masih saja terdengar.

"Apa-apaan sih ini? Mana mungkin komputer mati masih bisa mengeluarkan suara tut tut tut seperti pesan error di bios?"

Berulang kali gue cabut-pasang komponen dan kabel pada komputer, namun suara itu masih terus terdengar. Entah kenapa gue melihat ke arah handphone china merek D-ONE yang ada di samping CPU. Gak berenti gue liatin sampe suatu ketika muncul warning low bat dan suara tut tut tut itu pun muncul.


"It was a FALSE ALARM?! FOR NEPTUNE SAKE'S, jadi buat apa gue bongkar-bongkar PC dari tadi??"



Setelah gue silent HP itu, suara tut tut tut pun gak terdengar lagi. Ternyata benar, komputer gue baik-baik aja. Selama ini gue salah sangka. Takjub banget sama HP buatan china yang suara warningnya mirip banget sama suara error messsage yang ada di CPU. Finally, gue coba rakit komputer dan mencoba untuk menjalankanya seperti biasa. Sayangnya ketika gue pasang baterai bios, terjadi korslet kecil sehingga membuat PC tidak bisa booting.

Berulang kali gue coba untuk nyalain komputer, tapi gak bisa masuk bios. Gue panik, sebel, marah, muak karena awalnya komputer emang berjalan normal dan sekarang jadi beneran error gara-gara ke-koplak-an semata.

"Mas, motherboardku korslet pas aku pasang baterai BIOS. Sekarang gak bisa masuk BIOS deh.."

Gue nangis. Gue capek dari tadi ngubek-ngubek komputer padahal sebenernya gak ada yang rusak. Akhirnya, gue dibantu oleh sang kekasih dengan sedikit coba ini itu pun berhasil membuat komputer masuk ke BIOS.

Caranya akan gue jabarkan dengan singkat dan mudah seperti di bawah ini:
  1. Matikan semua arus listrik, pastikan benar-benar tidak ada arus listrik!
  2. Copot baterai BIOS, RAM, dan port VGA dari monitor
  3. Bersihkan debu-debu yang ada pada motherboard, jika memang diperlukan
  4. Pasang kembali VGA, RAM, dan baterai BIOS
  5. Sambungkan dengan arus listrik, dan baca Bismillah bagi yang muslim
  6. Nyalakan komputer

Bila cara di atas tidak bisa membantu, mohon maaf mungkin paman google bisa membantu. Saya di sini hanya ingin berbagi pengalaman :)

ADIOS~

0 comments:

Post a Comment