Wednesday, December 14, 2011

LA Jarkom 1: Setting Routers dengan CLI


Selama pembelajaran jarkom, kita selalu memakai GUI untuk menyetting setiap router. Kali ini, kita akan mencoba untuk menyetting router menggunakan CLI. Dalam dunia nyata, settingan pada router hanya dapat dilakukan di dalam console bernama CLI. Ibaratnya jika pada windows, CLI adalah CMD. Berikut akan dijelaskan langkah-langkahnya:

1.      Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah membuat rancangan jaringan komputer dengan 6 PC, 2 router, dan 2 buah switch. Sambungkan masing – masing router dengan kabel serial DTE, switch dan router menggunakan kabel straight, dan switch dengan PC menggunakan kabel straight. Untuk PC dengan PC, gunakan FastEthernet 0/1, 1/1, 2/1, dst. Sementara pada switch dengan router, hubungkan masing-masing menggunakan FastEthernet 0/0. Yang terakhir untuk router dengan router, gunakan Serial 2/0.


2.      Setelah semua sudah tersambung, kali ini kita tidak akan menggunakan GUI untuk penyettingan router. Tetapi, memakai console CLI. Caranya tidak terlalu sulit, hanya butuh ketelitian dan kemampuan. Pada console CLI, ketikkan perintah-perintah seperti di bawah ini. Ini adalah pengaturan pada router pertama.

3.      Atur semua settingan IP address pada switch pertama, samakan class dengan IP router saat menyetting IP pada PC.
4.      Lakukan hal yang sama dengan router kedua, bedanya hanya terletak pada alamat IP dan sub netmask-nya.
Misalkan, IP pada router yang pertama adalah : 192.168.1.1/26, maka untuk router yang kedua adalah : 192.168.2.1/27.
5.      Setelah itu, koneksikan kedua router tersebut dengan cara mengaktifkan kabel serial dan clock ratenya hingga 64000. Untuk router pertama, tambahkan alamat IP router yang kedua dan yang kedua tambahkan alamat IP router yang pertama.
6. Langkah terakhir adalah pengecekkan dengan mengirim surat pada setiap PC. Lakukan pengecekkan lebih dari satu kali untuk memastikan bahwa semua komputer sudah sukses terhubung. Selesai.

0 comments:

Post a Comment