Friday, December 23, 2011

Sistem Pakar


Logika Program
Sistem Pakar (Expert System) adalah program yang menggunakan teknik pengambilan kesimpulan dari data-data yang didapat seperti dilakukan seseorang ahli dalam memecahkan masalah. Pada program kali ini akan dibahas mengenai sistem pakar sederhana yang mana konsepnya adalah pengambilan kesimpulan. Ada tiga bagian penting dalam sebuah sistem pakar, yaitu fact, rule, dan goal. Pencarian kesimpulan berdasarkan pada pencarian berdasarkan fakta dan ketentuan yang mengarah pada suatu tujuan.

FACT
 
makul(gw,sikar).
makul(dia,sikar).
nilai(gw,sikar,90).
nilai(dia,sikar,30).
Bentuk di atas merupakan bentuk dari fakta, dimana gw mengambil makul sikar dan dia mengambil makul sikar. Kemudian, terdapat fakta lainya adalah nilai sikar gue 90, dan nilai sikar dia 30.






RULE
 


 

lulus(X,Y):-makul(X,Y),nilai(X,Y,Z),Z>50.
tl(X,Y):-makul(X,Y),nilai(X,Y,Z),Z<50.
Bentuk aturan seperti di atas merupakan sebuah bentuk percabangan pada programming in logic (prolog). tanda ‘:-‘ sama seperti if pada percabangan. Sehingga listing di atas memiliki arti bahwa untuk lulus variable X dan juga Y harus memenuhi nilai lebih besar dari 50. Sementara untuk tl (tidaklulus), maka variable x dan juga y harus memenuhi nilai kurang dari 50.

?-
Symbol setiap awal dari program ini berguna untuk menjadi intrepeteur untuk merespon bagian koding selanjutnya. Tanpa symbol ini, kemungkinan program akan error ketika decompile.

lulus(X,sikar),
GOAL
 
write(X),nl,
tl(Y,sikar),
write(Y),nl.
Sebuah titik memiliki arti bahwa suatu statement dalam prolog sudah selesai, sementara tanda koma berarti statement belum selesai dan masih bisa dilanjutkan dengan statement lain. Bentuk tujuan (goal) di atas adalah untuk menampilkan lulus dari variable X pada mata kuliah sikar dan tl (tidaklulus) dari variable Y pada mata kuliah sikar. nl memiliki arti yang sama dengan new line, yaitu membuat baris baru.




Download LA

0 comments:

Post a Comment