Wednesday, December 14, 2011

LA SI: Activity Diagram


Activity Diagram
Activity Diagram menggambarkan proses bisnis dan urutan aktivitas dalam sebuah proses. Activity diagram dipakai pada business modeling untuk memperlihatkan urutan aktivitas proses bisnis. Struktur diagram ini mirip flowchart. Struktur diagram ini mirip flowchart. Sangat bermanfaat bila kita membuat diagram ini terlebih dahulu dalam memodelkan sebuah proses secara keseluruhan.
Pada pertemuan kali ini, kita akan membuat Activity Diagram Memasak Mie. Berikut Algoritma memasak mie.
1.       Ada mie atau tidak?
2.       Jika tidak ada mie, cari makanan yang lain.
3.       Siapkan mie, bumbu, panci, dan mangkok.
4.       Nyalakan kompor.
5.       Masak mie.
6.       Mie matang atau belum?
7.       Apabila belum, tunggu mie sampai matang.
8.       Tiriskan mienya.
9.       Sajikan.
10.   Mie dimakan sekarang atau tidak?
11.   Apabila tidak, cari makanan lain.


Pembuatan Activity Diagram
Activity Diagram mirip sekali dengan flowchart. Setelah membuat algoritma memasak mie, sekarang saatnya membuat activity diagram. Caranya hampir sama dengan pembuatan use case diagram, yaitu dengan cara drag and drop.
1. Klik File>New Project, kemudian isikan kolom seperti tampilan di bawah ini. Pada tab Template pilih Activity Diagram, dan Create Form Template (OK).

2. Kemudian lihat pada bagian Diagram Tree View, klik kanan tulisan Activity Diagram kemudian pilih Create Form Template.
3. Setelah muncul jendela baru, saatnya merancang diagram activity. Caranya dengan mengklik kiri gambar yang kita inginkan, kemudian klik kiri lagi pada jendela kanvas. Susun dengan rapi dan tersktrukur seperti membuat flowchart.

Activity diagram berbeda dengan use case diagram yang komponennya terdiri dari use case dan aktor. Di sini, komponen-komponennya mirip dengan flowchart, yaitu sebagai berikut:
- Nodes (initial dan final) adalah simbol untuk memulai (initial) dan mengakhiri (final) suatu activity diagram.
- Activity (aktifitas) adalah proses komputasi yang bisa berupa kata kerja atau ekspresi dan bersifat atomiak atau todak dapat didekomposisi
- Flow /adalah awal dari proses yang paralel dan mampu menggambarkan aktivitas yang mungkin terjadi secara concurrent.
- Join adalah akhir dari suatu proses paralel.
- Decision adalah pilihan untuk mengambil keputusan.
- Partition Digunakan untuk menjelaskan siapa yang melakukan aktivitas dalam activity diagram. Untuk melakukan partisi dapat dilakukan dengan menggunakan Swim Lane.
- Signal adalah tanda untuk memulai sebuah aktivitas.

0 comments:

Post a Comment