Friday, December 23, 2011

Join Table


Logika Program

use 3ia14;
Perintah use digunakan untuk menggunakan database. Ketika kita hendak membuat tabel baru pada suatu database, kita harus menggunakan perintah use agar database tersebut dapat digunakan.

alter table mhs add kd_matkul char(2) not null after nama;
alter table berguna untuk mengedit field dari tabel. perintah add adalah untuk membuat field baru. Perintah drop adalah untuk menghapus tabel beserta isi record, dan delete berguna untuk menghapus record dari tabel.


create table matkul(kd_matkul char(2) not null,nm_matkul varchar(10) not null);
Create adalah untuk pembuatan tabel lainya bernama matkul. Elemen tabel matkul adalah kd_matkul dan nm_matkul. Perbedaan null dengan not null. Pada inputan yang berisi null berarti pada saat user ingin menginput data yang kita buat maka data tersebut diijinkan untuk dikosongkan (tidak diisi), sedangkan not null user harus mengisi apa yang sudah disediakan oleh yang membuat program tersebut.

insert into matkul(kd_matkul,nm_matkul)value(“43”,”SI”);
Perintah untuk menyisipkan record pada tabel. tanda kurung pertama merupakan nama field dan value merupakan isi fieldnya.

select * from matkul order by id;
Di atas merupakan perintah untuk menampilkan isi record pada tabel matkul diurutkan dari id.

select mhs.id,mhs.nama,matkul.nm_matkul,nilai.uts,nilai.uas from mhs,matkul,nilai where mhs.kd_matkul=matkul.kd_matkul and mhs.id=nilai.id;
Merupakan perintah untuk menggabungkan beberapa field dari tabel-tabel yang ada menjadi sebuah tabel baru yang memberikan informasi untuk kita. Select adalah perintah untuk menampilkan field. Format field itu sendiri adalah mhs.kd yaitu tabel.nama_field-nya. From adalah perintah untuk memberitahu sumber tabel yang digunakan, pada join table di atas, kita menggunakan tabel dari mhs, matkul, dan nilai. Where adalah suatu kondisi yang harus terpenuhi dalam join tabel. Bila kondisi tidak terpenuhi maka akan terjadi error. Bila kita tidak mengkondisikan penggabungan tabel, maka kemungkinan akan terjadi crossjoin.

Download LA

0 comments:

Post a Comment