Saturday, December 24, 2011

OSK - Flip Flop


Logika Program

#include <stdio.h>
#include <conio.h>
Pada bahasa C, penulisan di atas berfungsi untuk memasukkan data melalui alat input standar keyboard. Posisinya ditempatkan pada file judul (header file). Fungsi-fungsi yang prototype-nya berada di file judul stdio.h adalah gets( ), scanf( ), printf( ). Sementara fungsi yang prototipenya berada di file judul conio.h adalah getche( ), getchar( ), getch( ), dsb.


void main(){
Berarti di dalam function main tersebut harus terdapat keyword return di bagian akhir fungsi. Statement di atas terdapat void yang berarti bahwa fungsi tersebut tidak mengembalikan nilai apapun. Function main() juga dipakai agar program C dapat dieksekusi. Tanpa function main, program C dapat dicompile tapi tidak dapat dieksekusi. Pada saat program C dijalankan, compiler C pertama kali akan mencari function main() dan melaksanakan instruksi-instruksi yang ada.

int s,r,pil1,pil2;
Adalah sebuah bentuk deskripsi suatu variabel. Di mana int adalah integer untuk bilangan bulat.

clrscr();
Perintah untuk membersihkan layar.
printf("Input Nilai S: ");
Merupakan fungsi yang paling umum digunakan dalam menampilkan data. Berbagai jenis data dapat ditampilkan ke layar dengan fungsi printf.

scanf("%d",&s);
Merupakan fungsi yang dapat digunakan untuk memasukkan berbagai jenis data. Bentuk scanf() sesungguhnya menyerupai fungsi printf() yang melibatkan penentu format. String kontrol dapat berupa keterangan yang akan ditampilkan pada layar beserta penentu format seperti %d, %f. Penentu format dipakai untuk memberi tahu kompiler mengenai jenis data yang akan ditampilkan. Arti %d adalah membaca sebuah nilai integer desimal. Bentuk penulisan: scanf(“string kontrol”, daftar argumen);
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemakaian scanf yaitu :
·         scanf memberi pergantian baris secara otomatis, tidak perlu memberi \n untuk berpindah ke baris berikutnya.
·         scanf memakai penentu format, tetapi tidak memerlukan penentu lebar field. Contoh yang salahscanf(“10.2f”,&gaji);
·         Variabel yang dipakai di dalam scanf harus didahului dengan operator alamat (&).

printf("\nPilih Flip-Flop\n\t1.FF-RS\n\t2.FF-RS berdetak");
Merupakan fungsi yang paling umum digunakan dalam menampilkan data. Berbagai jenis data dapat ditampilkan ke layar dengan fungsi printf.

fflush(stdin);
Berfungsi menghapus buffer di dalam alat I/O. Sebaiknya setelah perintah scanf, dituliskan perintah fflush.

switch(ch)
Perintah switch digunakan untuk menguji beberapa pilihan berdasarkan beberapa nilai tertentu. Ekspresi ini harus menghasilkan data dengan tipe char, byte, short, dan int. Karena diikuti oleh beberapa pilihan, maka tidak heran jika terdapat case-case yang memuat sebuah pilihan. Sebagai contoh pada program ini, kita memakai dua buah case, yang berarti kita mempunyai dua pilihan. Pada setiap case, harus diakhiri dengan break, karena ketika proses telah selesai maka akan berlanjut ke baris program berikutnya, berarti tidak akan menjalankan case yang lainya. Pada program ini, terdapat percabangan switch di dalam switch.



switch(pil1){
case 1:
printf("\nPilihan Model:\n\t1.Larangan\n\t2.Set
\n\t3.Reset\n\t4.Tetap");
printf("\nPilihan: ");
fflush(stdin);
scanf("%d",&pil2);
Pada switch pertama terdapat dua case. Ini adalah potongan case pertama yang nantinya berisi percabangan switch. Terdapat penginputan data yang disimpan ke dalam variabel pil2. Untuk penjelasan switch case 2 kurang lebih sama seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

switch(pil2){
case 1:
if(r==0&&s==0)printf("\nQ =1\nQ'=1");
else printf("Bukan Model Ini");
break;
Ini adalah switch yang kedua dengan variabel pil2. Case 1 berisi percabangan if dengan ketentuan jika nilai r dan s adalah 0 atau 1, maka akan tercetak Q=1, Q’=1. Jika tidak maka akan tercetak “Bukan Model ini”. Begitu seterusnya untuk case 2, case 3 dan case 4 dengan kondisi yang berbeda.

default:
printf("\nSalah Pilih");
break;}
Default digunakan jika user menginput angka yang tidak terdapat dalam case. Pada program ini case hanya ada 4, jika user memasukkan angka selain dari 1 sampai 4, maka statement pada default akan dijalankan.

getch();
Dipakai untuk membaca sebuah karakter dengan sifat karakter yang dimasukkan tidak perlu diakhiri dengan enter. Fungsi getch() merupakan singkatan dari get character artinya baca karakter tetapi isian data yang dimasukkan tidak akan ditampilkan di layar.

0 comments:

Post a Comment