Keunggulan yang signifikan dari program permodelan adalah fasilitas yang mereka tawarkan kepada tim designer untuk bereksperimen dengan efek cahaya dalam tahap pengembangan sebuah desain. perhitungan efek dari sebuah cahaya adalah pusat dari matematika rendering. model akhir hanya "berada" dalam bentuk yang terlihat karena perhitungannya berdasarkan dari pola efek cahaya virtual dalam warna, bentuk dan tekstur dari sebuah pemandangan objek; fungsi tersebut sangat bergantung pada pencahayaan. bekerja sebagai seorang designer, dalam bidang ini anda akan sangat mengingat bahwa anda tidak akan bisa memisahkan manipulasi objek dan ruang dari pemanipulasian cahaya
hal ini merupakan hal yang sangat penting untuk dijadikan bahan observasi dan sangat berharga untuk mengetahuinya lebih dalam. Kebanyakan dari designer teater akan membangun sebuah lingkungan dengan pencahayaan yang tidak terlalu fleksibel; atau pada kasus terburuk mungkin ada jendela dan menggunakan cahaya dari luar, walaupun biasanya hal ini ditambah dengan 1 atau 2 penyangga sudut dan sebuah obor. designer dengan sumber daya besar biasanya mempunyai sebuah perlengkapan kecil cahaya mikro, atau mempunyai akses kesebuah studio pencahayaan, walaupun jarang sekali sebuah model bisa dibuat distudio pencahayaan. jadi sebuah model selalu terlihat dibuat dengan pencahayaan yang cukup, dan hanya pada tingkat selanjutnya (biasanya) baru di "nyalakan" dengan kreatifitas. jadi seorang designer tidak selalu harus memiliki fasilitas yang menjadikan sebuah pencahayaan itu sebagai elemen pusat dari sebuah desain. memang banyak designer yang berpengalaman dan kreatif untuk membayangkan kemungkinan dalam pekerjaan mereka, dan banyak designer pencahayaan yang berkolaborasi aktif dalam proses pengerjaan,tapi pada kenyataannya , sangat sulit untuk melihat hasilnya sebelom panggunnya siap dan dinyalakan. dan tentu saja, mungkin pada saat itu sudah beberapa hari lagi menjelang pembukaan, dan sudah terlambat untuk melakukan perubahan yang drastis.seorang designer pencahayaan pada umumnya, bertanggung jawab pada pembangunan model; tentu saja beberapa dari mereka harus memasukan beberapa desain pengaturan, dan diskusi antara desainer pencahayaan dan desainer pengaturan akan mengendalikan projeknya, tapi sebagai peraturan umum, desainer pencahayaan reaktif didalam tahap pengembangan. terlebih lagi, seorang desainer pencahyaan tidak terlalu mempunya peralatan yang canggih untuk berekperimen dengan desain. sebuah rig-mini merupakan alat bantu yang berguna, tapi jarang sekali memadai, dan hanya sebagian kecil dari desainer pencahayaan memiliki hal tersebut dirumahnya. oleh karena itu poin kuncinya adalah dalam digital modeling membutuhkan pencahyaan yang lebih proaktif, pengembangan ruang pencahayaan merupakan bagian dari scenography. pertanyaan yang sulit muncul dari sini, apakah peran seorang desainer pencahayaan dalam dunia yang baru ini? dalam satu skenario mereka hanya bekerja sama dengan desainer pengaturan, model dibagi dua dan berkembang seiring dengan dialog mereka. dalam skenario lain sebuah projek akan didesain oleh seorang desainer global atau seorang scenographer, mungkin akan bergantung pada kerja sama tim untuk menghasilkan sebuah desain. banyak program pencahayaan tertentu yang telah dikembangkan, dan beberapa mempunyai fitur permodelan juga, tapi pada umumnya program ini tidak dibuat untuk membantu proses permodelan secara menyeluruh tapi lebih kearah membantu efek pencahayaan.
Download file asli
Download file asli
0 comments:
Post a Comment