Friday, December 23, 2011

Penggunaan Data Manipulating Language


Kali ini dibahas mengenai DML yaitu Data Manipulation Language. DML berguna untuk mengubah tabel dari suatu database. Dalam hal ini, akan dijelaskan beberapa perintah dari DML yaitu Insert, Delete, dan Update. Untuk menggunakan MYSQL pada command prompt, ketika sudah berada directory xampp>mysql>bin ketik Command prompt – mysql –u root –p untuk dapat menggunakan mysql. Root adalah nama user, bisa diganti menjadi apapun.

Pertama membuat database 3ia14, kemudian membuat database bernama mhs. Perintah untuk membuatnya dapat dilihat dibawah.
create database 3ia14;
Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan cara membuat database. Seperti listing di atas, untuk membuat database digunakan perintah ‘create database nama_database;’. Dalam hal ini, kita membuat database bernama 3ia14. Tanda titik koma (;) berguna untuk mengakhiri statement.

use 3ia14;
Perintah use digunakan untuk menggunakan database. Ketika kita hendak membuat tabel baru pada suatu database, kita harus menggunakan perintah use agar database tersebut dapat digunakan.

create mhs(
id char (3) not null, nama varchar (20) not null, jk char (1) not null, alamat text);
Create adalah untuk pembuatan tabel lainya bernama dosen. Elemen tabel dosen adalah nama, matkul, not null, no_tlp, dan alamat. Perbedaan null dengan not null. Pada inputan yang berisi null berarti pada saat user ingin menginput data yang kita buat maka data tersebut diijinkan untuk dikosongkan (tidak diisi), sedangkan not null user harus mengisi apa yang sudah disediakan oleh yang membuat program tersebut.

describe mhs;
Perintah describe digunakan untuk menampilkan informasi tabel yang sudah dibuat.

Download LA

0 comments:

Post a Comment