Friday, December 23, 2011

Grafkom 1: Pendahuluan Membuat Donat 3D

Membuat bangun ruang donat
Blender adalah sebuah aplikasi khusus dalam pembuatan grafis 3D yang free open source. Konten penciptaan suite tersedia untuk sistem operasi termasuk Linux. Blender dikembangkan secara komersial (seperti pembuatan game atau film) tetapi sekarang dirilis di bawah GPL.
Blender memiliki berbagai macam kegunaan seperti pemodelan, menjiwai, rendering, texturing, menguliti, rigging, pembobotan, editing non-linear, scripting, composite, post-produksi dan banyak lagi.
Blender memiliki fitur sama kuat dalam mengatur lingkup dan kedalaman ke ujung lain tinggi 3D software bila dibandingkan dengan Softimage | XSI, Cinema 4D, 3ds Max dan Maya.


Membuat Objek 3D
Pertemuan pertama kali ini, kita akan dikenalkan dengan aplikasi Blender untuk membuat objek 3D. Berikut dijelaskan cara pembuatan kue donat secara animasi 3D.
1. Buka aplikasi Blender, kemudian hapus objek default dengan menekan tombol delete. Buatlah sebuah objek bulat seperti donat dengan cara > Add – Surface – NURBS Torus, kemudian letakan objek di pada lembar kerja. Keterangan gambar dapat dilihat di bawah.

0 comments:

Post a Comment