Friday, December 23, 2011

Algoritma Greedy


LOGIKA PROGRAM

Pada praktikum perancangan analisis algoritma ini akan dibahas tentang pembuatan program untuk menghitung uang pecahan. Aplikasi yang digunakan adalah turbo C++.  Perintah yang digunakan adalah sebagai berikut:
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
Statement ini digunakan untuk memanggil perintah-perintah yang terdapat pada library. Terutama pada library stdio dan conio.

#define size 99
Perintah ini untuk mendefinisikan sebuah konstanta dengan nama konstanta yaitu “size”. Serta konstanta tersebut mempunyai nilai sebesar 99.
void sort(int[], int);
setelah mendefinisikan konstanta, barulah dideklarasikan sebuah fungsi yang dinamakan “sort”. Dan tipe data yang digunakan adalah array dan integer.
 main() {
fungsi ini adalah untuk pendeklarasian awal dari program utama.
clrscr ();
kemudian, perintah ini untuk membersihkan layar dari perintah sebelumnya.
int x[size],i,n,uang,hasil[size];
perintah ini untuk mendeklarasikan variable-variabel yang akan digunakan, yaitu variable x dengan nilai = size/99, variable I, variable n, variable uang, variable hasil dengan nilai = size/99.
printf("\n Banyak Koin :");
untuk menampilkan teks pada layar digunakan perintah printf. Teks yang akan muncul adalah “Banyak Koin”
scanf("%d", &n);
ini adalah statement untuk membaca nilai yang diinput oleh user pada teks “Banyak Koin”. Serta memasukkannya ke dalam variable n.
for(i=1;i<=n;i++)
{
            scanf("%d", &x[i]);
}
Perintah ini adalah perintah perulangan untuk membaca nilai-nilai yang diinput oleh user pada teks “Masukkan Jenis Koin”. Serta memasukkannya ke dalam variable array x[i].
sort(x,n);
statement ini untuk memanggil fungsi yang bernama “sort” dengan variable x dan n.
for(i=1;i<=n;i++)
{
            hasil[i]=uang/x[i];
            uang=uang%x[i];
}
Statement perulangan untuk menyatakan variable hasil[i] dan uang. Dimana variable hasil[i] dihasilkan dari operasi uang/x[i]. Dan variable uang dihasilkan dari operasi uang mod x[i].

0 comments:

Post a Comment