Monday, May 31, 2010

Ketidakpastian

Kita semua pasti setuju bahwa dalam menjalani kehidupan ini kita selalu beriringan dengan satu hal yang namanya KETIDAKPASTIAN. Pada dasarnya kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi pada diri kita dimasa yang akan datang. Tidak usah sampai satu bulan atau satu tahun yang akan datang, beberapa menit kedepan pun kita tidak bisa memperkirakan apa yang bakal  terjadi.
Semua kemungkinan bisa terjadi, sebuah kegagalan, datangnya musibah didalam keluarga, bencana alam bahkan kematian, kita tidak pernah tahu dengan pasti kapan datangnya.
Demikian juga sebaliknya kita tidak bisa memastikan secara pasti tentang keberhasilan, pencapaian ataupun kesuksesan.
Ada banyak nasehat yang mengatakan bahwa untuk meminimalkan ketidakpastian maka yang bisa kita lakukan adalah MEMBUAT PERENCANAAN DAN PERSIAPAN YANG BAIK.
Baiklah, kita mungkin bisa membuat perencanaan tentang sebuah kesuksesan dengan menyusun sebuah persiapan dan tindakan-tindakan  dengan teliti serta detail. Atau paling tidak dengan perencanaan itu kita bisa memperkecil terjadi kegagalan. Tetapi tetap saja kepastian seratus persen itu belum tentu bisa kita dapatkan.
Manusia dalam perhitungannya mencoba menyebutkan selisih antara rencana dan kenyataan ini dengan sebutan penyimpangan atau deviasi, itu adalah proses ilmiah untuk membenarkan adanya sesuatu yang unpredictible.
Sebagai umat beragama, maka kita bisa meyakini bahwa dari setiap ketentuan Allah akan selalu ada hikmah baiknya.
Bisa kita bayangkan seandainya KETIDAKPASTIAN tidak pernah ada dan yang ada hanyalah KEPASTIAN, pastinya akan mengerikan. Kita tahu secara pasti kapan datangnya suatu musibah atau kita akan mengetahui sejak awal bahwa usaha kita pasti akan mengalami kegagalan, bahkan kita bisa mengetahui dengan pasti kapan waktunya kematian datang menjemput kita.
Tentunya manusia akan malas untuk berusaha, takut untuk mencoba dan selalu terpuruk dalam rasa putus asa atau mungkin saja menjadi stress dan depresi karena bayangan kegagalan dan hal-hal buruk yang telah kapan datangnya.
Maka hikmah dari KETIDAKPASTIAN adalah untuk mengingatkan kita agar selalu ingat kepada Sang Pencipta,  agar selalu sadar bahwa usaha tidak akan bisa terjadi Ijin dan tanpa Kehendak serta Ridha-NYA.  Dengan demikian akan timbul keikhlasan dan ketenangan, tawakal dan sabar terhadap segala kemungkinan. Sehingga rasa tertekan dan depresi karena ketidak pastian itu bisa dihilangkan.
Ketidakpastian menuntun  manusia agar selalu membuat perencanaan dan mempersiapkan dirinya dalam setiap usaha dan upaya, selalu ingat untuk mengevaluasi dan instrospeksi diri, selalu memperbaiki hubungan dengan sesama manusia, karena manusia tidak bisa menyelesaikan segala masalahnya sendiri, manusia memerlukan orang lain.
Ketidakpastian membuat kita peka dengan ancaman dan pandai melihat peluang dan bisa mendorong manusia untuk tegar dan kuat sehingga mampu bertahan dalam krisis kehidupannya.

Sumber:

0 comments:

Post a Comment