Sunday, August 15, 2010

Sahabat Baru-ku Pergi

Hi There! Udah lama gue absen dari dunia maya. Why? Karena emang komputer gue rusak lagi. Lebih tepatnya motherboard gue rusak. Kali ini kerusakan juga bukan hanya pada motherboard, tapi juga pada prosesor. Gotcha, Jackpot! Oh nooo! Belom genap 6 bulan, sahabat baru gue udah mati! Komputer gue sakit jantung gara-gara gue gak bisa ngerawat dengan baik dan benar. Procesor yang katanya jantung dari komputer, udah gak bisa dipake lagi gara-gara kecerobohan gue. Hiks..

Alkisah, waktu itu kamar gue lagi bener-bener berantakan parah. Gue memutuskan buat bebenah kamar supaya rapi lagi. Yaudah deh tuh gue singkirin komputer dari kamar gue dan bermaksud meletakkanya di ruang keluarga. Akan tetapi, entah mengapa waktu itu pikiran gue dirasukki peri-peri bersih, yang membuat gue jadi pengen bersih-bersih. Maksud gue, semuanya pengen gue bersihin, termasuk komputer gue yang waktu itu kondisinya emang udah super duper kotor.

Finally, kamar gue yang waktu itu belom sempet gue bersihin gue tinggalin gitu aja. Gue bongkar paksa CPU gue setelah sebelumnya gue pindahin ke ruang tengah. Abis itu gue mulai melakukan ritual bersih-bersih seperti yang dilakukan oleh peri-peri bersih. Heatsink dibuka, semua kabel dicopot, Kemoceng beraksi dan semua debu bertebangan. Setelah selesai bersih-bersih, gue diem bengong gak tau musti ngapain lagi.

Yup, gak perlu ditebak juga pasti semua orang tau kalo kemungkinan gue bisa masang kembali CPU secara utuh itu cuma 40%. I'm not kidding, man, gue gak jago dalam hal memasang puzzle, apalagi masang CPU.

"Yaudahlah, biar insting gue bekerja", pikir gue.

Mulai deh tuh pasang-pasang CPU. Kabel demi kabel pun terpasang rapi. Sampai akhirnya tiba saat memasang heatsink. Di bagian processor ada putih-putih kaya odol dan mungkin itu yang namanya Pasta processor. Gue tau fungsi pasta itu untuk mendinginkan suhu CPU, akan tetapi...

"Pasta buat processor-nya kok cuma sedikit sih? Nanti panas dong?", gue mikir.

Waktu beli motherboard di Harco, sempet sih beli pasta untuk processor. Murah, harganya cuma Rp. 10.000 dapet 1 botol balsem kecil. Oke, gue kasih aja pasta banyak-banyak ke atas procesor supaya nanti gak kepanasan procesornya. Setelah itu, Pasang-pasang-pasang...

Dan ketika komputer gue dinyalakan... Tiba-tiba mati sendiri. Lagi, gue nyalain dan lagi-lagi belum sempet masuk bios, udah mati lagi. Begitu terus sampe akhirnya gue sadar ada sesuatu yang gak beres. Ya Tuhan, ada apa ini? Abis itu gue tanya ke ahlinya...

"...Abis itu aku kasih pasta aja deh supaya CPU-ku jadi dingin..", gue menjelaskan.

"Seberapa banyak?", tanya Sang Ahli.

"Ya banyak-banyak dong! Kan biar dingin...", gue ngotot.

"Sayang, kamu gila...Pasta buat CPU itu cukup seukuran biji beras kecil.", jelas Sang Ahli.

"Kalo banyak-banyak?", gue nanya.

"Malah ngerusak itu, tau!", Sang Ahli marah.


Gue shock, gue gak percaya dan akhirnya gue bawa ke tempat servis. Ternyata emang kalo kebanyakan pasta itu bisa bikin CPU rusak. Sumpah parah cacat, gue gak mau lagi bongkar-bongkar CPU sembarangan. Akhirnya jadi rusak semua. Motherboard rusak, Processor juga rusak. Aduuuh, puasa puasa gini dapet cobaan begitu besar. Sabaaarr, Sabaaaaaaaaaaaaaaaaaaar... Semoga aja garansi motherboard gue bisa cepet  turun, gak ditunda-tunda lagi! Amin.


 

0 comments:

Post a Comment