Wednesday, May 26, 2010

PERKEMBANGAN APLIKASI MULTIMEDIA


Bab 1
Pendahuluan


1.1           Latar Belakang Masalah
Dewasa ini komputer merupakan suatu kebutuhan yang amat sangat penting dalam kehidupan manusia. Komputer merupakan sebuah alat bantu yang digunakan untuk menyimpan, mengolah dan mengambil kembali data atau informasi yang diperlukan. Berbagai aktivitas kehidupan manusia yang berhubungan dengan penggunaan komputer adalah seperti dunia perbankan, perdagangan, industri, transportasi, kesehatan, pendidikan, seni, penelitian, rekreasi, pertahanan dan keamanan, serta komunikasi. Dalam penggunaan komputer pasti tidak terlepas dari aplikasi multimedia, baik berupa audio, visual, maupun yang bersifat audio visual.

Aplikasi multimedia ini pun berkembang dan semakin meningkat seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin melangkah maju. Perkembangan multimedia dalam beberapa tahun belakangan ini telah menimbulkan suatu pertanyaan apakah pembatasan terhadap akses informasi dan kebebasan berekspresi masih tetap berlaku. Seperti kita ketahui, sekarang ini perkembangan dari  teknologi multimedia telah melampaui batasan itu.


1.2           Batasan Masalah
Batasan masalah yang dibahas untuk membatasi meluasnya ruang lingkup pembahasan adalah:

§         Pengertian perkembangan aplikasi multimedia.
§         Perkembangan aplikasi multimedia di Indonesia, serta perkembanganya di kehidupan seperti dalam bidang pendidikan, bisnis, dunia hiburan, dan politik.
§         Aspek-aspek pendorong berkembangnya aplikasi multimedia.


1.3           Tujuan Penulisan
Ada pun tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk:

§         Menjelaskan arti dari Aplikasi Multimedia.
§         Memberikan informasi kepada semua orang tentang perkembangan aplikasi multimedia.
§         Menunjukkan contoh dan penerapan aplikasi multimedia pada kehidupan sehari-hari.

















Bab 2
Pembahasan


2.1    Pengertian Perkembangan
Secara singkat, perekembangan (development) adalah proses atau tahapan pertumbuhan ke arah yang lebih maju. Pertumbuhan sendiri (growth) berarti tahapan peningkatan sesuatu dalam hal jumlah, ukuran, dan arti pentingnya. Pertumbuhan juga dapat berarti sebuah tahapan perkembangan (a stage of development) (McLeod, 1989).
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1991), ini berarti mekar terbuka atau membentang; menjadi besar, luas, dan banyak, serta menjadi bertambah sempurna dalam hal kepribadian, pikiran, pengetahuan, dan sebagainya.


2.2    Pengertian Aplikasi Multimedia
Multimedia pada umumnya dipahami oleh orang sebagai suatu fasilitas atau tingkat pencapaian teknologi pada Personal Compuer (PC). Sebuah PC dikatakan multimedia apabila dilengkapi dengan berbagai media tambahan, interface, atau disebut sebagai aplikasi, sehingga PC tersebut memiliki kemampuan tidak hanya dapat menampilkan teks atau gambar saja, tetapi juga suara dan gambar bergerak (video atau animasi), serta mampu melakukan komunikasi dengan PC atau media yang lain. Inilah yang kita sebut sebagai aplikasi multimedia. Ada beberapa contoh dari aplikasi multimedia, yaitu video conferencing, groupware, games dan virtual reality. Video Conferencing adalah suatu alat komunikasi jarak jauh untuk menampilkan suara dan citra gerak dalam suatu jaringan computer. Groupware adalah aplikasi perkantoran yang biasa digunakan untuk berkalobarasi dengan para pegawai. Virtual Reality adalah suatu aplikasi yang dimana penggunanya merasa ada disuatu situasi buatan yang kelihatan nyata. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia game. Ted Nelson juga menyatakan bahwa aplikasi Multimedia adalah suatu bentuk yang menggunakan sekumpulan ragam media dan contoh dari aplikasi tersebut adalah hipermedia.
Hipermedia sendiri adalah istilah yang pertama kali ditemukan untuk mewakili suatu konsep penyajian non linier dalam berbagai bentuk-bentuk format dan saling terhubung dan format2nya yaitu dalam bentuk gambar, animasi, video, dll.


2.3    Pengertian Perkembangan Aplikasi Multimedia
Perkembangan aplikasi multimedia adalah suatu tahapan perubahan dari aplikasi multimedia kearah yang lebih maju dan lebih sempurna, sehingga aplikasi multimedia tersebut menjadi lebih baik. Aplikasi multimedia juga  dirancang serta dibangun dengan menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.


2.4           Perkembangan Aplikasi Multimedia di Indonesia
Setelah satelit Palapa C1 dan C2, banyak bermunculan perkembangan baru di Negara kita ini. Misalnya, diluncurkan satelit komunikasi di atas langit Indonesia oleh perusahaan-perusahaan asing yang mana pengusaha Indonesia juga terlibat dalam kepemilikan sahamnya, seperti PT. Bakri Communication Corporation yang menanamkan sahamnya pada project Irridium. Irridium ini adalah sebuah proyek telepon satelit dunia untuk memecahkan masalah blank spot pada telepon selular biasa, AMPS atau GSM. Indosat pun masuk menjadi salah satu yang menanamkan modal pada ICO Global Communication (ICO-GC). Meskipun di Indonesia layanan multimedia sudah beroperasi, tetapi teknologi mengenai multimedia masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Teknologi multimedia selalu diartikan sebagai Personal Computer (PC). Padahal pengertian sebenarnya sangat luas. Multimedia merupakan penggabungan teknologi informasi dengan teknologi komunikasi.
Di Indonesia, perkembangan multimedia tidak lagi hanya ada di bidang bisnis tetapi juga dikembangkan di bidang pendidikan, politik, hiburan kesehatan. Meskipun orang tidak mempercayainya, tetapi pada kenyataan sekarang ini bisnis multimedia mulai tumbuh di Indonesia. Pada Tahun 1993, awalnya Satelindo menjadi perusahaan swasta pertama yang terjun di bisnis multimedia layanan satelit ketika meluncurkan Satelit Palapa C1, Satelit Palapa C1, lalu C2. Satelit-satelit ini telah digunakan secara luas oleh beberapa negara ASEAN. Indonesia sendiri menggunakannya untuk layanan komunikasi yang dikelola oleh Telkom dan Indosat, juga untuk layanan siaran 5 televisi swasta, televisi dalam negeri seperti TVRI, 5 saluran siaran langsung televisi satelit Indovision (Direct Broadcasting Satellite) yang kini sudah berkembang menjadi 19 saluran dan berkualitas digital.
PT Media Citra Indostar pun tidak mau kalah dan telah meluncurkan satelit Cakrawarta-1 untuk menggantikan kerja Satelit Palapa C2 dalam menyiarkan siaran Indovision. Dengan satelit ini nantinya Indovision akan menyelenggarakan layanan yang bisa disebut layanan interaktif, layanan telekonferensi, video on demand (VoD), home shopping, home banking, serta komunikasi data (Internet).
Semakin berkembangnya telkomunikasi di Indonesia, ada dua perusahaan multimedia baru lainnya yang akan beroperasi dengan jaringan kabel serat optik, yaitu PT Indonusa Telemedia dan Multimedia Nusantara. Perusahaan-perusahaan multimedia lainnya yang akan menyusul adalah PT Multi Media Asia Indonesia, PT Yasawirya Tama Cipta, sehingga Indonesia sekarang boleh dikatakan telah memasuki era industri multimedia.





2.5    Perkembangan Aplikasi Multimedia di Kehidupan
Perkembangan aplikasi multimedia di kehidupan banyak terdapat di berbagai bidang, diantaranya adalah dalam bidang pendidikan, bisnis, dunia hiburan, kesehatan, dan politik.

2.5.1       Perkembangan Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Pendidikan
Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Pada saat komputer belum begitu dikenal di Indonesia, guru menyampaikan pelajaran dengan tulisan atau lisan ketika proses belajar mengajar berlangsung. Pada era modern seperti saat ini, penyampaian bahan pengajaran lebih interaktif sehingga dapat mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video, animasi, teks, dan grafik, bahkan pengajaran secara online (E-learning). Hampir setiap sekolah atau universitas di kota-kota besar di Indonesia memiliki ruang multimedia sendiri yang digunakan sebagai bagian dari proses pembelajaran dan melek teknologi bagi siswa-siswi di Indonesia. Penggunaan aplikasi Ms. Power point juga banyak digunakan untuk melakakun presentasi.



2.5.2       Perkembangan Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Bisnis
Sejumlah perusahaan saat ini telah berusaha melakukan peningkatan dengan cara memberikan training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia dalam bentuk simulasi. Misalnya saja seperti NASA yang mempergunakan aplikasi multimedia untuk training flight control bagi calon astronot dan beberapa perusahaan yang bergerak di bidang bisnis multimedia yang telah kita bahas sebelumnnya. Di dunia bisnis, multimedia juga digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam system e-learning.

2.5.3       Perkembangan Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Hiburan
Aplikasi multimedia sebagai alat pendukung sarana hiburan berupa animasi, laser show yang terintegrasi pada konser musik, dan video atau music player, seperti Winamp atau Windows Media Player. Sekarang juga telah dikenal dengan istilah edutainment, atau bisa disebut education entertainment. Artinya, sebuah aplikasi multimedia bisa menciptakan sebuah hiburan (entertain) yang menambah wawasan (educate).

2.5.4       Perkembangan Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Kesehatan
Dulu, perkembangan teknologi belum maju seperti sekarang. Para dokter masih mempergunakan alat tradisional dalam pengobatannya. Hal ini membuat keselamatan pasien masih belum terjamin lebih dari lima puluh persen. Kini telah terdapat alat-alat medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll.

2.5.5       Perkembangan Aplikasi Multimedia Dalam Bidang Politik
Dalam melakukan aksi kampanye pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya. Contoh presiden terkini AS Barack Husein Obama menggunakan FaceBook dalam aksi kampanyenya. Para pejabat juga memanfaatkan teknologi teleconference sebagai diplomasi jarak jauh. Pada saat pemilu beberapa bulan lalu tidak ada satu kecamatan pun di Indonesia yang tidak bisa dihubungi lewat sambungan telepon dengan teknologi satelit VSAT (very small aperture terminal). Sayangnya fasilitas yang sudah dimiliki ini tidak berfungsi pada saat kebakaran hutan dan bencana kelaparan di Indonesia.
  


2.6.   Kriteria Pembangun Aplikasi Multimedia
Aplikasi multimedia dapat berkembang dengan sangat pesat jika didukung oleh fasilitas yang memadai. Fasilitas-fasilitas ini dapat berupa perangkat keras atau disebut hardware, perangkat lunak atau bisa juga disebut software, serta yang paling penting adalah brainware.
Sebuah sistem yang dilengkapi dengan kemampuan aplikasi multimedia, paling tidak memiliki kompenen yang disebut kartu suara (sound card) sepasang speaker, dan mikropon.
·                     Kartu suara adalah kartu yang digunakan agar komputer mendukung pemrosesan audio.
·                     Speaker adalah peranti untuk menyajikan suara.
·                     Mikropon adalah peranti untuk menerima suara manusia.
Umumnya komputer sekarang telah dilengkapi komponen-komponen tersebut. Untuk membentuk aplikasi multimedia, bermacam-macam peralatan dapat digunakan.
Untuk menciptakan sebuah aplikasi multimedia, perangkat lunak atau software pun menjadi faktor utama yang sangat berpengaruh dalam pembuatannya. Perangkat lunak yang secara khusus ditujukan untuk membuat aplikasi multimedia disebut multimedia authoring system (atau sering disebut authoring software). Beberapa contoh yang tergolong sebagai authoring software yaitu Authoware, Quest, Icon Author, dan Multimedia Director.
Apa itu brainware? Brainware adalah kemampuan dari otak manusia untuk menciptakan sesuatu atau menyelesaikan suatu masalah. Intinya adalah otak sebagai pencipta yang berasal dari kreatifitas manusia untuk menciptakan sesuatu yang berguna untuk semua orang. Tanpa kreatifitas, tidak akan lahir ide-ide inovasi pembuatan aplikasi multimedia.

2.7.   Aspek-Aspek Pendorong Berkembangnya Multimedia
Dari hari kehari perkembangan multimedia semakin maju, hal ini disebabkan akibat semakin beraneka ragamnya kebutuhan multimedia. Selain itu, semakin banyaknya software yang bermuculan pun menjadi salah satu penyebab pembuatan aplikasi berbasis multimedia. Bermacam-macam kebutuhan akan informasi juga dapat mendorong multimedia semakin berkembang. Aspek-aspek yang memacu perkembangan multimedia diantaranya adalah hobi, telekomunikasi, consummer electronic, TV, movie, broadcasting industry, publishing house, dan sebagainya. Manusia dengan hobi bereda-beda memunculkan ide-ide baru yang tidak lain dapat mengembangkan multimedia. Industri yang sebagian besar menggunakan alat-alat multimedia pun menjadi faktor besar munculnya multimedia baru.


















Bab 3
Penutup

Berdasarkan penulisan yang telah kami lakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan aplikasi multimedia sangatlah bermanfaat di berbagai bidang, yaitu di bidang pendidikan, bidang bisnis, bidang hiburan, bidang kesehatan, bidang politik. Hal ini juga yang mendorong berkembangnya aplikasi multimedia di masing-masing bidangnya, karena pasti setiap harinya personal di masing-masing bidang tersebut membutuhkan hal yang baru untuk menunjang setiap kegiatan mereka. Kami berharap semoga perkembangan aplikasi multimedia ini tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, sehingga dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi perkembangan itu sendiri.

















Daftar Pustaka

·        Sutopo, Ariesto Hadi. 2003. Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Graha Ilmu

·        Mustolih, Brs. 2008. Panduan Pengembangan Multimedia Pembelajaran: Bukit Tinggi

  • http://nugraha08.blogspot.com/2009/01/about-multimedia.html
·        http://blog.unila.ac.id/laraszen/2009/06/11/perkembangan-multimedia/
·        http://jojor.blogspot.com/2004/10/situs-tentang-multimedia-i_109903418364607196.html

0 comments:

Post a Comment