Friday, May 28, 2010

Kehilangan

Saat tersulit dalam hidup adalah ketika kita harus kehilangan orang yang dicintai, seperti orang tua, anak, kakak, adik, ataupun pasangan kita. Hal ini bisa terjadi beberapa kali dalam hidup kita. Sekarang yang dapat kita lakukan adalah bagaimana caranya agar kita bisa senantiasa melewatkan waktu bersama orang yang kita sayangi sebelum tiba saatnya kita dan mereka harus berpisah.


Sakit rasanya jika harus kehilangan orang yang kita sayangi. Tapi rasa sakit itu seharusnya tidak harus membuat kita depresi berkelanjutan. Di bawah ini ada beberapa tips yang mungkin berguna untuk mengurangi rasa kehilangan kita:


1.  Terimalah Kenyataan Dengan Ikhlas
Marah?? Mau Ngamuk?? Silahkan saja, tapi apa itu bisa menyelesaikan masalah? Tidak bukan? Berpikirlah sejenak, tarik napas dalam, ini memang bukan mimpi, ini kenyatan yang pahit, telanlah dengan ikhlas, seiring waktu, pahitnya akan hilang, bagaimanapun ini adalah proses yang memang telah ditetapkan oleh-NYA untuk dilewati. Percayalah dia bukan yang terbaik dan ini belum saatnya bagi pasangan jiwamu hadir. Diluar sana ada seseorang  yang sedang  mencari dan menantikan kehadiran Anda. Buang kemarahan dan kekecewaan Anda, serahkan kepada Yang Kuasa, berdoalah pada-NYA meminta yang terbaik untuk Anda. Energi Anda terlalu berharga jika hanya dipakai untuk kemarahan yang sia-sia.
2.  Anda Masih Diperlukan, Jangan Merasa Sendiri
Kata orang this is not the end of the world, masih panjang perjalanan yang harus ditempuh, masih banyak tanggung jawab yang harus diselesaikan, mungkin kita kehilangan satu orang tapi lihatlah disekeliling kita, begitu banyak orang dekat kita, keluarga, sahabat dan teman yang memerlukan kehadiran dan perhatian kita. jadi kenapa harus merasa sendiri?
3.  Menangis Semalam
Ini bukan judul lagu ;) satu hari pertama pasti kesedihan sangat terasa, menangislah, jangan ditahan, menangislah sepuasnya, tapi hanya untuk satu malam,  lepaskan segala kepedihan hati melalui air mata, dada akan terasa lapang. Menurut pendapat medis, air mata yang dikeluarkan membuat tubuh mengeluarkan hormon endorphin yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit. Saat menangis kita cenderung untuk menarik napas panjang sehingga oksigen yang masuk kedalam tubuh dan mengalir didalam darah menjadi lebih banyak dan itu membuat mental dan tubuh menjadi lebih segar. Ini akan membantu untuk melalui kesedihan.
4.  Hindari segala sesuatu yang bisa menghubungkan pikiran kepada masa lalu
Singkirkan surat, email, sms, buku, kaset, baju dan  semua benda pemberian kekasih yang kemungkinan besar bisa mengembalikan ingatan akan kenangan indah anda bersamanya. Hindari tempat-tempat yang sering anda berdua kunjungi. Yang bisa membuat hati kembali melow dan mengharu biru :) . Kecuali anda mempunyai selera humor yang baik, berada ditempat kenangan mungkin bisa membuat Anda tersenyum geli mengingat setiap kejadian indah yang pernah terjadi disana.
5.   Lakukan Kegiatan Bermanfaat.
Pergunakan waktu kosong yang berpeluang menjadi waktu untuk Anda melamun dan kembali dalam kesediahan. Jongging, bersepeda atau lakukan olehraga kesukaan Anda, waktu melamun akan terlewati dengan bermanfaat, badan sehat dan tidur anda akan lebih nyenyak. Jika Anda suka lukisan, mengapa tidak mencoba untuk melukis sendiri, Anda juga bisa mencoba melakukan sesuatu yang sudah lama ingin dilakukan namun belum sempat karena Anda begitu sibuk dengan kehadiran kekasih, saat ini adalah waktu yang tepat untuk melakukannya… asal jangan mencoba untuk bunuh diri :D 

Beberapa tips tadi mungkin hanya sebagian dari banyak cara yang bisa ditempuh, kadang masing-masing orang punya cara jitu yang bisa membuatnya kembali tegar setelah mengalami kesedihan karena kehilangan orang yang dicintainya.

Special thanks to: 

2 comments:

BERHARGA KATA-KATA INI ADA BAIKNYA MEMOTIFASI,,
NAMUN YANG SAYA KENDALAKAN ADALAH NUMER 4..
BAGAIMANA JIKA SUATU TEMPAT TERSEBUT YANG TIADAK BISA DITINGGALKAN..

Beberapa tips di atas mungkin hanya "sebagian" dari banyak cara yang bisa ditempuh. Bisa dipakai atau tidak-nya, itu sesuai dengan priibadi masing-masing. Jika maksud anda adalah menanyakan pendapat saya mengenai sebuah tempat yang tidak bisa ditinggalkan, meski tempat tersebut bisa membuat kita teringat akan masa lalu yang kelam. Jawabanya adalah lewati saja tips nomer 4. Jangan melupakan atau pun meninggalkan tempat tersebut. Buatlah tempat tersebut menjadi sebuah kenangan untuk pembelajaran masa depan.

Post a Comment