Friday, May 28, 2010

Kontemplasi

Menurut sejarah  Yu n an i kuno abad 18, pada saat itu pengertian keindahan telah di pelajari oleh para Filsuf. MenurutThe Li ang Gi e dalam bukunya “ Garis Besar Estetik” (Filsafat Keindahan), dalam bahasa Inggris Keindahan diterjemahkan dengan kata “Beautiful , bahasa Perancis “Beau , Italia dan Spanyol “Bello , kata-kata itu ber asal dar i bahasa Latin “Bellum , akar katanya adalah “Bonum yang ber ar ti Kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi “Bonellum dan terakhir dipendekkan menjadi bellum

Keindahan adalah suatu susunan keserasian yang dapat menciptakan kesenangan bagi penglihatan dan pendengaran. Kehalusan merupakan sikap yang lembut dalam menghadapi orang lain. Lembut dalam mengucapkan kata-kata, lembut dalam sikap anggota badan. Sikap halus dan lembut merupakan cermin hati yang tulus serta cinta kasih terhadap sesama.

Kontemplasi itu mirip dengan meditasi tapi tidak sepenuhnya mengosongkan pikiran. Kontemplasi lebih pada merasakan kehadiran Tuhan, memikirkan dan merenungkan konsep kehidupan. Mengevaluasi diri. Menghayati jalannya hidup kita.
Keindahan kontemplasi merupakan keindahan dimana kita mengingat Tuhan. Mengenai apa yang kita lakukan adalah semata-mata untuk Tuhan. Keindahan kontemplasi di sini artinya keindahan manusia dalam memikirkan dan menghayati keberadaan Tuhannya.

Referensi:


0 comments:

Post a Comment