Friday, January 21, 2011

Digital Culture - World Wide Web

Bab 2: Di Net  (Menelusuri World Wide Web)

Layar, Jaring, dan Web
Internet dianggap sebagai jaringan, inter koneksi komputer global (dan perangkat lain komputasi seperti personal digital assistant (PDA), telepon, dan sebagainya). Pada akhir 1960-an, berbagai eksperimen dalam komunikasi jaringan sedang dilakukan, untuk berbagai keperluan, semua didorong oleh semangat bersama untuk menemukan baru menggunakan teknologi muncul dalam perhitungan dan telekomunikasi.
Tentu saja, internet tidak hanya komputer dan saluran telepon. Tetapi juga perangkat lunak, khususnya protokol (dengan singkatan seperti TCP, FTP, HTTP dan IP) yang memungkinkan data tetap berada di sepanjang jaringan dari node ke node, yang akan 'dikirim' dan 'Diterima' di tempat yang tepat pada waktu yang tepat, dengan cara yang benar.


Berinternet
Untuk apa kita menggunakan internet? Tentu saja untuk jalan-jalan ke dunia maya. Bisa untuk membuka email, berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya bermil-mil jauhnya dari kita. Bisa juga digunakan untuk membantu mencari informasi, kabar, dan berita-berita lainnya. Dari dulu sampai sekarang internet sangat berguna untuk dijadikan media komunikasi dan informasi. Sayangnya kadang internet dipergunakan untuk tidak kriminal oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

New Media / me Media
Situs seperti MySpace, YouTube atau Blogger masing-masing dengan cara mereka sendiri mengubah cara pengguna dalam menggunakan internet dan World Wide Web. Mereka adalah bagian dari beberapa transformasi yang lebih luas dalam lanskap New Media secara keseluruhan. Beginilah perkembangan internet dalam upaya menarik pengguna untuk tetap memakai jasa mereka dalam internet.

Memikirkan kembali Media Sosial
Sebagai sarjana mulai menulis tidak hanya sejarah internet dan World Wide Web tetapi juga sejarah studi akademis dari Internet dan World Wide Web, sehingga mereka mulai melihat pola, tahapan, topik panas dan mode. David Silver (2000) menulis sebuah ringkasan yang bermanfaat dari cara berpikir tentang Internet dan World Wide Web sampai dengan pergantian milenium, membedakan antara 'populer cyberculture ',' studi cyberculture 'dan' 'studi cyberculture kritis.

Studi Kasus: WikipediaListen
Read phonetically

Wikipedia merupakan sarana informasi yang memuat hampir seluruh informasi di dunia. Mulai dari tokoh-tokoh dunia, Negara beserta kebudayaan, alam, agama, semua pengetahuan ada di Wikipedia. Banyak orang yang menggunakan Wikipedia sebagai sumber dari tugas atau artikel yang mereka buat. Banyak juga yang hanya tinggal copy-paste dari Wikipedia materi yang seharusnya bisa lebih dikembangkan lagi.

0 comments:

Post a Comment