Tuesday, January 25, 2011

Bioshock VS Left4Dead

 VS

Pada studi kasus bab 5, telah dibahas beberapa mengenai game FPS(First Person Shooting) Bioshock. Terdapat banyak kesamaan dan perbedaan dalam permainan ini. Kali ini, akan saya bahas sedikit mengenai persamaan dan perbedaan pada kedua game tersebut.



Story
Bioshock dan Left4dead memiliki tema yang sama scifi atau science fiction. Bedanya terletak pada sisi cerita diantara keduanya. Bioshock mengungkap cerita dibalik kehidupan monster bawah laut yang mencekam. Sementara Left4dead mengambil cerita tentang zombi (mutant). Keduanya memiliki satu tujuan, yaitu mempertahankan diri.
Grafis
Jika berbicara soal grafis, tentu Bioshock lebih unggul. Left4dead tidak begitu mementingkan kedetailan dalam suatu lokasi tempat. Berbeda dengan Bioshock yang mana grafis sangat ditonjolkan, dari lokasi sampai detail karakter diperhalus. Grafis dalam Left4dead cenderung lebih simpel dan realis, sebab mengampil lokasi di dunia nyata. Bioshock mengambil lokasi dunia bawah laut yang fiksi.

Game Mode
Bioshock dan Left4dead adalah game FPS, berarti kita sebagai player, dituntut untuk menembak langsung musuh yang terlihat hanya dengan satu sudut pandang. Berbeda dengan Bioshock yang cenderung untuk bermain seorang diri, keunggulan dari Left4dead adalah kita bermain dengan tim. Kooperatif yang tinggi akan menghasilkan permainan yang bagus dan lebih seru dibanging bermain sendirian. Selain itu pada Left4dead terdapat beberapa game mode yang terus dikembangkan sampai sekarang, seperti contohnya saja kita tidak selalu hanya memainkan survivor manusia, tapi juga beberapa karakter zombi dapat kita mainkan.

Weapons
Senjata untuk mempertahankan diri. Game FPS pasti memerlukan senjata untuk memainkannya. Dalam Bioshock, senjata yang digunakan berupa peralatan canggih scifi yang kadang tidak masuk akal. Lain dengan Left4dead yang mengangkat tema kehidupan sehari-hari di mana player diizinkan untuk menggunakan senjata apa pun, seperti panci, tongkat golf, bahkan gitar listrik untuk mempertahankan diri. Tak lupa dengan senjata api yang sering digunakan militer untuk berperang juga bisa di pakai di Left4dead.

Bagaimana? Kedua game ini memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tergantung selera kita sebagai konsumen untuk memilih mana yang paling menarik perhatian. Penasaran buat mainin gamenya? Saya yang sudah memainkan kedua game ini turut memberikan empat jempol (bukan promosi lhoooo haha). Selamat bermain~

Referensi:
  • Google
  • Wikipedia

0 comments:

Post a Comment