Saturday, March 30, 2013

Komputasi Modern

Komputasi dapat diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.

Secara umum iIlmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar dalam ilmu.

Pada paruh pertama abad 20, banyak kebutuhan komputasi ilmiah bertemu dengan semakin canggih komputer analog, yang menggunakan mekanis atau listrik langsung model masalah sebagai dasar perhitungan. Namun, ini tidak dapat diprogram dan umumnya tidak memiliki fleksibilitas dan keakuratan komputer digital modern.

George stibitz secara internasional diakui sebagai ayah dari komputer digital modern.
sementara bekerja di laboratorium bel di November 1937, stibitz menciptakan dan membangun sebuah relay berbasis kalkulator ia dijuluki sebagai "model k" (untuk "meja dapur", di mana dia telah berkumpul itu), yang adalah orang pertama yang menggunakan sirkuit biner untuk melakukan operasi aritmatika. Kemudian model menambahkan kecanggihan yang lebih besar termasuk aritmatika
dan kemampuan pemrograman kompleks.

Salah satu tokoh yang sangat mempengaruhi perkembangan komputasi modern adalah John von Neumann (1903-1957), Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, game theory, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

 

Jenis-jenis Komputasi Modern
1. Mobile computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel.
2. Grid computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
3. Cloud computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.

Cloud Computing
Sebenarnya Cloud Computing ini sudah lama ada dan dilakukan oleh perusahaan raksasa di internet seperti google, yahoo, ebay, amazon, dan lain lain. Namun nama Cloud Computing baru terdengar kencang di dunia IT saat ini.

Cloud Computing memanfaatkan infrastruktur internet yang ada untuk menjalankan servicenya. Baik service / layanan aplikasi, teknologi, media penyimpanan dan lain sebagainya.

Selain itu beberapa karakteristik utama yang bisa didapatkan dari menggunakan Layanan Cloud Computing :
•    Kesigapan
Kesigapan dalam hal kemampuan pengguna untuk merevisi dan upgrade sumber daya infrastruktur & teknologi
•    Kebebasan dalam Hal Hardware dan Lokasi
Artinya user dapat mengakses resource/service hanya menggunakan Web Browser tidak perduli dimanapun berada dan hardware apapun yang digunakan. Karena Infrastruktur di lokasi lain (biasa disediakan oleh pihak ketiga) dan diakses melalui internet, maka pengguna dapat mengaksesnya dari manapun
•    Banyak Pengguna
Dalam hal ini, efisiensi dalam hal Power/ listrik karena 1 resource digunakan secara beramai-ramai dengan tingkat ketersediaan sistem yang terjamin dan memungkinkan adanya :
- Sentralisasi Infrastruktur di satu tempat dengan biaya rendah
- Tinggat Batas Kapasitas Proses makin tinggi dimana user tidak perlu menyiapkan, tapi sudah dipersiapkan
- Utilisasi dan Efisiensi meningkat untuk sistem yang biasanya hanya 10-20% tingkat utilisasinya
•    Kehandalan Sistem (Reability)
Tingkat Kehandalan sistem meningkat karena menggunakan tempat yang berbeda-beda. Cocok untuk Keberlangsungan Bisnis (Bussiness Continuity) dan Penanganan Bencana (Disaster Recovery)
•    Skalabilitas yang tinggi
Dimana user tidak perlu khawatir dan kerepotan dalam hal peningkatan sistem yang lebih besar karena Cloud Computing dengan mudah dapat menambah resource yang diperlukan
•    Keamanan
Tingkat keamanan yang lebih baik dimana kadang kala user sendiri tidak dapat menyediakan tingkat keamanan yang terjamin, namun dengan pihak Ketiga yang spesial di bidangnya, tingkat keamanan lebih terjaga
•    Ketahanan (Sustainability)
Yaitu sistem dapat digunakan terus menerus dengan efesiensi yang terus meningkat dan utilisasi yang meningkat
•    Perawatan (Maintenance)
Dalam hal perawatan, maka akan lebih mudah bila diterapkan Cloud Computing , karena aplikasi yang disediakan tidak perlu di install ke komputer pengguna. Lebih mudah di support dan perubahan secara instan berlaku ke user saat itu juga

Referensi:
  • http://smartpsikologi.blogspot.com/2007/08/manusia-modern.html:2011
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi
  • http://www-groups.dcs.st-and.ac.uk/~history/Biographies/Von_Neumann.html
  • http://www.smartssolution.info/komputasi-modern.html:2011
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Komputasi_awan
  • http://ariesre.wordpress.com/2011/03/06/komputasi-modern/
  • http://my.opera.com/aviciena/blog/show.dml/8170711

0 comments:

Post a Comment