Thursday, September 27, 2012

Pengantar Bisnis Informatika

Bisnis di dunia Informatika
Kini, informatika telah digunakan dalam berbagai bidang tak terkecuali dalam bidang bisnis. Pertemuan semester 7 untuk tugas softskill kali ini pun membahas mengenai Pengantar Bisnis Informatika. Bisnis dalam arti luas adalah istilah umum yang menggambarkan semua aktifitas dan institusi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari.
"Bussiness is then simply a system that produces goods and service to satisfy the needs of our society."
(Bisnis sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat.) --Huat, T Chwee,1990
"(Bisnis merupakan suatu organisasi yang menyediakan barang atau jasa yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan.)" --Griffin & Ebert
Dari kedua pendapat di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa Bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai (create value) melalui penciptaan barang dan jasa (create of good and service) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

Hubungan Bisnis dengan Informatika
Facebook sebagai situs jejaring sosial nomor 1 di dunia (untuk saat ini), dengan jumlah pengguna terbanyak, facebook mulai dilirik sebagai alternatif pemasaran produk-produk dengan biaya termurah bahkan hampir bisa dikatakan gratis. Banyak dari pebisnis informatika tertarik untuk memasang iklan mereka pada situs jejaring Facebook. Contoh sederhananya saja, setiap tahun iklan ataupun sponsor yang mendukung jejaring ini semakin banyak ditambah lagi para pebisnis pemula yang mencoba peruntungannya berdagang dengan modal awal pas-pasan dan ternyata dari sekian banyak kasus pebisnis melalui facebook tidak sedikit yang merauk untung hingga jutaan rupiah setiap harinya, hal ini dikarenakan dalam dunia bisnis dikenal istilah "Relasi" yang berarti hubungan antara satu orang dengan orang lainnya yang kemudian menjadikan hal tersebut menjadi suatu ikatan berupa pertemanan yang secara tidak langsung akan membantu memajukan bisnis kita karena relasi inilah yang kemudian berfungsi sebagai penyebar informasi.

Referensi:

0 comments:

Post a Comment